Background

Sablon Manual Foam (Timbul)

Cat ini terlihat timbul seperti busa menggelembung di kaos. Yep kelihatan unik dan menarik tentunya. Tinta sablon ini adalah jenis tinta khusus yang digunakan untuk pengerjaan sablonan dengan hasil emboss timbul atau busa. Sablon foam atau cat timbul, Di dunia garment international biasa disebut dengan puff print. . Dengan catatan sablon foam ini tidak bisa membuat warna sablonan yang pekat dan tajam. Karakter foam yang mengembang setelah dipres, akan menurunkan warna sablonan. Besar kecilnya penurunan warna ini, tergantung dari tingkat pengembangan yang dihasilkan. Semakin besar pengembangannya, maka akan semakin besar pula penurunan warnanya. Efek timbul ini akan muncul setelah hasil sablonan dipanaskan dengan mesin press sablon kaos. Efek timbul yang dihasilkan adalah dengan pinggiran yang membulat atau radius.
Jenis sablon ini kurang cocok untuk bahan spandex. Namun bila ada permintaan dari buyer/owner untuk sablon di bahan spandex, maka sangat dibutuhkan teknik khusus dan tentunya campuran khusus supaya hasil akhir optimal dan tidak pecah maupun rontok.
Tinta ini terdapat pada kedua jenis tinta baik underbase maupun plastisol. Tinta ini memerlukan pemanasan yang akan mengakibatkan tinta ini mengembang dengan efek timbul.

Tinta puff dibuat dengan menggabungkan suatu campuran konsentrat warna dengan tinta. Tinta hasil pencampuran tersebut (tinta puff) biasanya digunakan untuk proses pencetakan baju dengan melibatkan suatu pipa pemanas, menghasilkan suatu tekstur berbentuk 3 dimensi. Tinta puff juga dapat digunakan untuk berbagai warna.

Categories: Share

Leave a Reply